Senin, 24 Juni 2013

Panduan dan Langkah-langkah membuat EMail PNS

Cara Membuat Email, tutorial lengkap dengan Gambar - Apa itu email? Email adalah sebuah surat elektronik yang biasa digunakan untuk mengirim pesan, surat, file dan sebagainya. Email juga sering digunakan untuk membuat akun sosial media seperti contohnya facebook dan twitter.

Dimana saja dan bagaimana cara membuat email? Ada beberapa penyedia layanan untuk membuat email dengan gratis dua diantaranya yang paling terkenal ialah Gmail dari Google dan Ymail dari Yahoo.

Ada beberapa langkah yang harus diikuti untuk membuat sebuah email atau surat elektronik dan untuk artikel ini khusus menerangkan caramembuat email Gmail dari Google lengkap dengan gambar tutorialnya agar mudah dipahami.

Buka www.Gmail.com  dari komputer anda (Jangan gunakan Handphone karena tidak akan bisa membuat email dari Handphone) dan akan muncul seperti pada gambar dibawah dan Klik Buat akun, seperti yang ditunjukkan tanda panah berwarna merah pada gambar. Klik Gambar Untuk Memperbesar
cara membuat email

 Kemudian akan muncul formulir seperti berikut :

Panduan mengisi formulir Pendaftaran Email Baru

Isi kotak Nama dengan nama depan dan nama belakan anda. Contoh “Nama depan : Rizal, nama Belakang : Ical”
Isi kotak Pilih Nama Pengguna Anda dengan nama pengguna yang anda inginkan. Misalnya “inotlus” agar lebih mudah diterima gunakan angka dibelakang nama anda misalnya “inotlus2013”
Pada kotak Buat sandi dan Konfirmasi Sandi Anda isikan dengan kata sandi yang anda inginkan, kata sandi harus sulit ditebak orang, namun mudah anda ingat. Misalnya “kuc1nt4”. Kata sandi ini nantinya anda gunakan untuk masuk ke Akun email anda.
Pada kotak berikutnya Tanggal Lahir masukkan Tahun lahir, pilih bulan lahir, dan tanggal lahir anda.  Contoh  

Pada kotak isian Gender pilih jenis kelamin anda – Laki-laki atau perempuan.
Berikut pada kotak Ponsel isikan dengan nomor handphone anda.
Pada kotak Alamat email anda saat ini tidak perlu di isi. Ini hanya di isi jika anda sudah punya email sebelumnya.
Pada kotak Buktikan Bahwa anda bukan robot isikan tulisan huruf atau angka yang tertera pada gambar di atasnya. Lihat pada gambar diatas.
Kemudian beri centang atau seperti pada gambar dan klik Langkah Berikutnya
Cat : Pada pilihan centang kedua, tidak perlu di isi jika anda tidak ingin membuat akun Google +
Setelah klik Langkah Berikutnya akan muncul seperti gambar berikut :


Pilih pilhan Pesan teks (SMS) Lalu Klik Lanjutkan. Nantinya akan dikirim nomor verifikasi ke nomor Handphone anda.  Kemudian akan muncul seperti gambar berikut
 Pada kotak Masukan Kode Verifikasi masukkan kode verifikasi google yang anda terima melalui sms ke nomor handphone anda .  Contoh Smsnya seperti berikut  “Kode Verifikasi Google anda adalah 908987”, setiap orang berbeda kode verifikasinya jadi masukkan nomor verifikasi yang diberikan melalui sms tersebut. Dan Klik Lanjutkan.

Kemudian akan muncul seperti pada gambar berikut

Silahkan upload gambar profil atau foto dari komputer anda dengan meng-klik Tambahkan Foto Profi Lalu klik Langkah Berikutnya.
Jika anda tidak mau mengupload foto profil atau gambar tidak apa-apa, langsung klik saja Langkah Berikutnya.

Kemudian akan muncul seperti pada gambar menyatakan email anda telah jadi dan siap digunakan, lalu klik Lanjutkan ke gmail untuk masuk ke Email anda yang sudah jadi
Sekarang email anda telah dibuat dan telah jadi.
Jika anda menggunakan komputer umum sebaiknya setelah membuat email anda harus logout atau keluar. Lihat gambar dan klik tombol yang ditunjuk tanda panah lalu Klik Keluar.

Bagaimana cara saya masuk ke email saya lagi?
1.       Masuk ke www.gmail.com dan akan muncul seperti pada gambar
Isikan kotak Nama Pengguna dengan anma email yang telah anda buat misalnya “ inotlus@gmail.com “ tanpa tanda petik.
Pada kota isian Sandi isikan kata sandi atau password yang telah anda tentukan pada saat pendaftaran. Contoh : kuc1nt4 . sandi atau password akan terlihat seperti  “***” lihat gambar
jadi pastikan anda mengetik kata sandi /password dengan benar.

Sekarang email anda sudah jadi, agar lebih mudah dan cepat sebaiknya ikut Cara Membuat Email ini langkah demi langkah agar tidak kebingungan, kalau bingung silahkan bertanya!

Pengumuman Hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2013

Pengumuman Hasil UKG 2013 Bisa Dilihat di Sini 
Pengumuman hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2013 rencananya akan dilaksanakan pada hari Minggu, 30 Juni 2013 mendatang oleh Pusbangprodik BPSDMP Kemdikbud. Hasil uji kompetensi bagi guru yang belum memiliki sertifikat pendidik ini, dilihat lewat website http://sergur.kemdiknas.go.id

Setidaknya sebanyak 601.363 guru menanti pengumuman hasil UKG 2013 yang telah diikutinya. Hasil skor UKG menjadi salah satu pertimbangan mengikuti program sertifikasi guru melalui jalur Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Selain skor UKG, dasar penentuan peserta PLPG 2013 adalah usia dan masa kerja guru.
UKG tahun ini sendiri telah dilaksanakan mulai 3 - 15 Juni 2013 yang lalu. Selanjutnya sebanyak 350.000 akan mengikuti PLPG untuk mendapatkan sertifikat pendidik sebagai syarat menerima tunjangan profesi. Besarnya tunjangannya untuk guru PNS adalah sebesar satu kali gaji pokok, sedangkan untuk guru Non PNS sebesar 1,5 juta.
PLPG rencananya dimulai Agustus 2013 mendatang kurang lebih selama dua minggu. Kuota sertifikasi guru tahun ini bertambah cukup banyak. Awalnya, direncanakan kuota sertifikasi guru hanya 250.000 saja. Namun pada akhirnya bertambah jumlahnya menjadi 350.000 peserta.
Program sertifikasi melalui jalur PLPG akan berakhir pada tahun 2015. Setelah itu, semua guru dan calon guru wajib ikut Pendidikan Pelatihan Guru (PPG) sebelum menjadi pendidik. PPG sendiri dilaksanakan selama 2 semester di universitas yang menyelenggarakan program tersebut. 
 
 

Cara Daftar email PNS di www.pnsmail.go.id

Pemerintah berusaha menekan potensi kebocoran dokumen kedinasan. Salah satu solusi adalah mewajibkan PNS menggunakan alamat email khusus untuk urusan surat-menyurat kedinasan secara elektronik. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) melarang penggunaan domain email umum seperti gmail, yahoo mail, dan sejenisnya. Aturan yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri PAN-RB 6/2013 ini berlaku efektif mulai 1 Januari 2014 nanti. Dalam keterangannya Menteri PAN-RB Azwar Abubakar menuturkan bahwa fasilitas email khusus PNS untuk urusan kedinasan ini bisa didapat dengan registrasi di www.pnsmail.go.id.
pns mail
Keunggulan PNS Mail
Di antara fasilitas yang disiapkan adalah kapasitas penyimpanan mulai dari 1 GB dan bisa diperbanyak lagi sesuai dengan kebutuhan. Memiliki sistem portal email untuk menerima email eksternal (di luar domain pnsmail.go.id). Lalu memiliki proteksi virus, spam, dan sejenisnya. Azwar mengatakan email khusus kedinasan ini juga dapat diakses melalui PDA, tablet, dan ponsel. Azwar menuturkan, PNS yang menggunakan email resmi ini harus membuat user name sesuai dengan nama asli. Misalnya ada PNS bernama Budi Hartanto, dianjurkan menggunakan email dengan user name: budi.hartanto@pnsmail.go.id. Azwar mengatakan sistem email kedinasan ini sudah di-setting tidak bisa melayani penggunaan nama yang aneh-aneh. Seorang PNS, kata dia, hanya bisa mendaftar satu user name. Diantara data yang dibutuhkan dalam registrasi adalah, nama lengkap, tempat instansi bekerja, alamat instansi, nomor HP, dan tidak ketinggalan NIP (nomor induk pegawai). Informasi lebih lanjut tentang email kedinasan ini bisa ditanyakan langsung ke admin@pnsmail.go.id.
Cara Membuat Email Khusus PNS
Dalam membuat Email PNS di pnsmai.go.id, caranya cukup gampang cukup gampang dan sama seperti membuat email pada umumnya, yang pertama-tama masuk ke www.pnsmail.go.id. setalah sudah berada didalam cari daftar sekarang, lalu klik . lihat gambar:
daftar pns mail
Setelah itu akan muncul form isian, diantaranya:
  • Username: usahakan mengisi dengan nama depan dan nama belakang anda sesuai dengan nama Asli anda;
  • Pasword: isikan dengan pasword yang hanya anda saja yang tau,
  • Ulangi Pasword;
  • Nama Lengkap Anda;
  • Nip (Nomor Induk kepegawaan anda);
  • Email Aktif anda (Berfungsi sebagai tempat pengiriman pengaktifan dan pemulihan);
  • No. Ponsel Anda;
  • Instansi Anda;
  • Alamat Lengkap Instansi Anda;
  • Provinsi Anda;
  • Kabupaten Anda;
  • pertanyaan pengingat;
Setelah semua data diisikan, silahkan Klik Daftar, dan Step by step pembuatan Email PNS anda sidah selesai, sekarang tinggal tunggu pengaktifan dari admin pnsmail.go.id.
------------------------------------------------------------------------
Iklan:  
Anda Ingin Memiliki Website Penghasil Rupiah Sendiri, Terbukti.!
 ==============================================

Cara membuat Email PNS, Wajibkah ?


Iklan:  
Anda Ingin Memiliki Website Penghasil Rupiah Sendiri, Terbukti.!
 ==============================================

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) telah menerbitkan surat edaran yang meminta seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) agar dalam melakukan urusan kedinasan dengan memanfaatkan media surat elektronik, menggunakan alamat email resmi pemerintah, yaitu domain @pnsmail.go.Id atau yang dimiliki masing-masing pemerintah dengan alamat (nama instansi masing-masing).go.Id. Diharapkan, pada 1 Januari 2014, seluruh instansi pemerintah telah menggunakan alamat email resmi pemerintah sebagai alat komunikasi kegiatan kedinasan.


Seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Jumat (14/06), imbauan itu disampaikan Menteri PAN-RB Azwar Abubakar melalui Surat Edaran Nomor 06 Tahun 2013 tertanggal 27 Mei 2013. Hal itu terkait dengan upaya percepatan reformasi birokrasi sebagaimana amanat Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010.
SURAT EDARAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 6 TAHUN 2013
TENTANG
PENGGUNAAN ALAMAT eMAIL RESMI PEMERINTAH PADA INSTASI PEMERINTAH

Menurut Menteri PAN-RB, saat ini seluruh instansi pemerintah telah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai pendukung dalam pelaksanaan tugas dan fungsi. Namun demikian, masih banyak ditemukan pegawai/pejabat yang menggunakan email non pemerintah sebagai alat komunikasi persuratan elektronik dalam kegiatan kedinasan, termasuk yang dimiliki oleh pihak asing. “Ini berisiko dan tidak aman dalam konteks kerahasiaan data dan informasi negara," sebut Menteri PAN-RB.


Karena itu, Kementerian PAN-RB memandang perlu diupayakan suatu langkah strategis dengan menyediakan email resmi pemerintah sebagai alat komumikasi persuratan elektronik kegiatan kedinasan yang diberikan bagi PNS di seluruh Indonesia.


Melalui Surat Edaran itu, diingatkan kepada seluruh pegawai/pejabat instansi pemerintah bahwa wajib menggunakan email resmi pemerintah sebagai alat komunikasi persuratan elektronik dalam kegiatan kedinasan. Hal ini dimaksudkan, agar terwujud birokrasi modern yang cepat, efektif, efisien, dan aman di lingkungan instansi pemerintah.


Menurut Azwar, untuk menjangkau komunikasi yang lebih baik antara pemerintah dan seluruh PNS, pemerintah menetapkan pemanfaatan email nasional bagi seluruh PNS dengan domain @pnsmail.go.Id. 


"Email ini tidak mengesampingkan pemanfaatan email resmi kementerian/lembaga/pemda yang sudah ada, dan dimanfaatkan oleh PNS," kata Menteri PAN-RB semberi menyebutkan, PNS tetap dapat memiliki email resmi pemerintah .go.id yang lain sesuai dengan aturan, peran dan peruntukannya.


Format alamat email PNSMail adalah nama.pns@pnsmail.go.id. "Setiap PNS hanya diijinkan memiliki satu alamat email nasional pada PNSMail," tegas Menteri PAN-RB.


Disebutkan dalam Surat Edaran itu, dukungna layanan dilakukan melalui admin@pnsmai.go.Id. Sementara informasi dan pendaftaran alamat email di PNSMail dapat diakses melalui www.pnsmail.go.Id.


Ditegaskan dalam Surat Edaran itu, PNSMail dikelola sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Sistem Transaksi Elektronik, khususnya dengan memperhatikan aspek-aspek keamanan dari sisi penyelenggaraannya.

Kamis, 13 Juni 2013

Nilai UKG Online 2013

Iklan:  
Anda Ingin Memiliki Website Penghasil Rupiah Sendiri, Terbukti.!
 ==============================================

Pelaksanaan UKG (ujian Kompetensi guru) Onlien 2013 telah berlangsung tanggal 29 Mei sd 15 Juni 2013. 
berbeda dengan tahun sebelumnya Ujian UKG kali ini para peserta tidak dapat langsung melihat hasil pekerjaan tesnya pada waktu selesai mengerjakan.
Di tahun 2012, peserta UKG begitu klik selesai di komputernya maka akan tahu langsung hasilnya baik nilai Paedagogik maupun nilai profesinya.

Nah bagi Anda yang ingin Segera Melihat Nilai UKG Online nya Harap Bersabar, untuk Silakan Klik 
DULU DISINI untuk melihat halaman lainnya HASIL UKG ONLINE 2013

Dapatkan laptop hanya dengan 99ribu rupiah